Kamis, 09 Agustus 2007

Membuat daftar isi

Membuat daftar isi sangatlah menyenangkan, tinggalkan cara manual anda selama ini yang mungkin anda lakukan dengan mempergunakan table dan copy and paste. Microsoft Word menyediakan fasilitas untuk membuat daftar isi atau "table of contents" yang dapat dilakukan secara Moderasi Komentar otomatis. Fasilitas ini terdapat pada menu "index and tables". Dengan mempergunakan fasilitas ini membuat daftar isi menjadi sangat mudah dan tentu sangat menyenangkan. Ingin tau lebih lanjut bagaimana cara mempergunakan fasilitas ini....?

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat daftar isi:

1. View Normal
Langkah pertama yaitu mengganti View menyadi bentuk normal. Klik pada menu View | Normal hal ini dimaksudkan agar pada pembuatan daftar isi lebih mudah untuk di lihat dan tidak perlu terlalu banyak untuk Scroll Up dan Scroll Down karena dengan bentuk View-Normal akhir dari halaman atau pembatas halaman hanya ditampikan dalam bentuk garis page-breakMempublikasikan Posting

2. Heading
Langkah berikutnya adalah memberi Heading beserta levelnya. Heading adalah bagian dari text yang di jadikan sebagai judul atau di tandai sebagai judul dan heading tersebut yang nantinya akan dibuat untuk keperluan daftar isi.

Untuk menentukan level heading blok dahulu bagian text atau kalimat yang akan di jadikan heading. Dalam status terblok kemudian barulah pilih heading dengan cara megklik kolom Style pada formatting bar.

3. Normal Heading
Langkah selanjutnya adalah menempatkan posisi kursor. Posisi kursor sangat menentukan dimana daftar isi akan ditempatkan dan posisi heading harus dalam bentuk Normal sebelum daftar isi dibuat.

4. Index and Tables
Setelah masing-masing judul diberi heading maka microsoft word sudah siap untuk membuat daftar isi dengan cara mengklik menu Insert | Index and Tables

Setelah Index and tables dipilih maka akan terlihat windows dari index and tables
dan terlihat beberapa bagian untuk keperluan pembuatan daftar isi diantaranya

  • Show page numbers
    yaitu untuk menampilkan nomor halaman pada daftar isi

  • Right align page number
    untuk menampilkan garis atau titik pada bagian sebalah kanan sebelum pemberian nomor halaman sedangkan Tab leader adalah bentuk dari garis-garis yang tersedia

  • General
    Pada bagian ini terdiri dari beberapa bagian, Format pada bagian ini tersedia beberapa jenis template daftar isi, sedangkan Show levels berfungsi untuk menambah level pada komlom style karena secara default heading level hanya terdiri dari 3 level saja, tetapi level tersebut dapat di tambah hingga 9 level.

Langkah selanjutnya adalah mengklik tombol OK maka daftar isi akan langsung terbentuk sesuai dengan jenis template yang dipilih. Untuk menghapus daftar isi yang sudah jadi, cukup dengan memblok dan kemudian tekan tombol delete pada keyboard maka daftar isi akan terhapus dan dapat dengan mudah dibuat kembali dengan cara melalui menu insert | index and table.

Bab II. Update Table of Contents

Setiap kali melakukan perubahan baik pada nomor halaman atau judul utama/heading maka daftar isi yang sudah dibuat dengan Index and Table harus diberitahu dengan cara melakukan update, untuk melakukan update cukup dengan mengklik kanan pada daftar isi kemudian pilih update

Setalah mengklik update maka akan terlihat dua pilihan untuk update. Yang pertama “Update page numbers only” yaitu hanya untuk meng-update nomor halaman saja sedangkan pilihan kedua adalah “Update entire table” update yang kedua ini mencakup keseluruhan termasuk perubahan halaman dan heading.


Tidak ada komentar: